JENIS-JENIS BAKSO

JENIS - JENIS BAKSO DI INDONESIA
Indonesia punya beragam kuliner yang sudah terkenal ke penjuru dunia, bukan hanya sate dan nasi goreng saja yang terkenal sebagai makanan khas Indonesia. Si bulat bakso juga merupakan kuliner legendaris asal Indonesia yang digilai mulai dari kalangan bawah hingga atas sekalipun dan rasanya itu dijamin selalu maknyus. Usut punya usut, bakso sebenarnya makanan asli dari negeri tirai bambu alias China. Walau begitu bakso sudah mendarah daging di Indonesia, tak heran hampir setiap daerah punya bakso khas, seperti bakso Malang, bakso Solo, bakso Wonogiri, dan lain-lain.
Ngomongin soal bakso yang ada di Indonesia itu mungkin hampir sama kayak kita ngomongin ada berapa banyak suku di Indonesia, saking banyaknya jenis yang ada, mulai dari Bakso khas Solo, Bakso Malang, Bakso Urat dan lain-lain.
Namun bukan orang Indonesia juga kalau nggak kreatif, bakso yang normalnya disajikan dengan mie dan kuah pun kini mengalami inovasi sampai tecipta bakso-bakso unik yang cuma bisa kamu temui di Indonesia. Penasaran apa saja bakso unik tersebut? langsung dicek aja yuk!!

1. Bakso Boedjangan

photo via : www.tanahnusantara.com
Weiitss!! dari namanya jangan-jangan bakso ini cuman boleh dinikmati sama mereka yang masih bujangan??, tapi tenang saja sobat, bakso ini bisa dinikmati oleh siapa saja kok gak milih-milih status. Gerai bakso unik satu ini bisa kalian temukan di seluruh kawasan Jabodetabek, tapi asalnya dari Kota Kembang, Bandung. Bakso ini menawarkan segala macam isian mulai dari keju, cabai rawit dan telur utuh. Namun yang paling menarik perhatian adalah yang isi keju karena rasanya sangat gurih dan nikmat. Satu mangkoknya dijual dengan harga mulai dari 20 sampai 30 ribuan Rupiah.

2. Bakso Penyet

photo via : travelingyuk.com
Ayam penyet, tempe penyet masih wajar lah ya dan sering kita jumpai dipinggir-pinggir jalan, tapi ini bakso penyet?? Yap nyatanya memang ada loh bakso unik satu ini. Diberi nama bakso penyet karena disajikan diatas cobek dan dimakan dengan sambel ulek persis seperti kamu makan ayam atau tempe penyet. Bisa dibayangkan, rasanya pasti pedas gurih bikin nagih deh!. Gerai bakso ini bisa kamu temukan di tempat makan bernama Warung Bu Kris yang terletak di bilangan Fatmawati, Jakarta Selatan. Harganya juga lumayan terjangkau cuman 22 ribu Rupiah per porsinya.

3. Bakso Comberan

photo via : jualmesinbakso.com
Wiihh!! Siapa nih yang bingung dengan bakso unik satu ini?? Jangan salah sangka dulu ya!, karena bakso ini bukan buka dicomberan atau pakek kuah comberan, melainkan kenapa dinamai bakso comberan karena kuahnya yang berwarna hitam pekat mirip air comberan. Tapi tunggu deh sampe kamu nyobain sendiri, karena dari segi rasa, bakso ini bisa dibilang enak banget karena kuah hitam kelam tersebut berasal dari kuah rawon yang kemudian dicampur mie, potongan tulang dan daging yang banyak banget. Pak Bewok sang pemilik memadukan rasa kluwak dengan gurihnya bakso agar rasa yang ditawarkan semakin gurih dan segar. Satu porsi Bakso Comberan ini dijual dengan harga mulai dari 12 ribu Rupiah. Lokasinya berada di depan pintu masuk Universitas Indonesia.

4. Bakso Moncrot

photo via : dagelan.co
Salah satu bakso paling unik di Indonesia mungkin cocok diberikan pada bakso moncrot ini. Bagaimana tidak, bakso ini dibuat dari tomat yang dikosongkan isinya lantas digantikan dengan adonan bakso. Meskipun aneh, tapi jangan ragukan rasa dari bakso unik ini karena perpaduan rasa asam tomat dengan gurihnya bakso sangatlah cocok apalagi saat dinikmati kala hujan.Gerai Bakso Moncrot yang berlokasi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan menghidangkan menu bakso tomat ini dengan harga Rp 24.500 per porsi.

5 Bakso Bola Tenis H.M.Nasir

photo via : pinterest.com
Ingin makan bakso rame-rame bareng temen dan keluarga?? bakso ini cocok deh buat pilihan kalian, karena ukurannya yang besar hampir melebihi ukuran kepala bayi. Adapun, bakso tersebut dijual dengan harga yang cukup mahal yakni 100 ribu Rupiah per mangkoknya dan hanya bisa ditemukan di daerah Universitas Pamulang.

6. Bakso Kerikil

photo via : mulpix.com
Kalau yang tadi adalah bakso dengan ukuran besar, maka bakso unik satu ini berukuran kecil layaknya kerikil-kerikil dipinggiran sungai. Meski begitu, adonan yang digunakan untuk membuat bakso ini tetaplah sama dan rasanya pun nikmat. Buat yang tertarik mencobanya, kamu bisa mampir ke kedai aslinya yang berada di Yogyakarta. Satu porsi biasanya akan diisi dengan 3 hingga 6 bakso kecil yang dijamin bakal bikin ketagihan.

Komentar